KOTA SERANG BARU

Kota terlengkap dengan harga terjangkau…

Cermat pilih bor

Posted by Admin pada November 16, 2007

Setelah kita tahu, idealnya bor sumur adalah dengan bor jet pump, khususnya untuk perumahan Kota Serang Baru. Sekarang kita harus cermat dalam memilih jasa pengeboran.

Ketika kita mengorder jasa bor sumur, biasanya tukang bor akan menawarkan jasanya dengan beberapa paket. Berikut paketnya :

1. Bor saja

Biaya berkisar satu juta rupiah, bisa lebih bisa kurang. Kedalaman biasanya dengan kategori asal keluar air. Di sini menjadi untung-untungan karena bisa jadi mata air ada di lapisan tanah yang bagus. Atau justru berada pada lapisan tanah yang berminyak/berkarat.

2. Bor plus instalasi plus pompa tarif normal.

Tarif normal yang dimaksud tentunya adalah pengeboran sesuai dengan poin nomor 1 diatas, kemudian ditambah jasa instalasi dan harga pompa. Jadi dari hasil kualitas air, akan sama dengan nomor 1. Hanya saja di sini konsumen sudah terima beres. Biaya tarif ini berkisar Rp 2.500.000,-

3.  Tarif ekstra plus

Jasa yang ditawarkan adalah pengeboran sampai mendapatkan mata air yang jernih. Termasuk tembus batu. Janji yang ditawarkan adalah bila sudah tembus batu maka air akan menjadi jernih. Sudah lengkap dengan instalasi dan pompa. Tarif berkisar Rp 3.500.000,-

Lumayan yaa harga jasa pengeboran.

Berikut penjabaran saya, semoga bermanfaat buat teman-teman, khususnya yang menempati perumahan Kota Serang Baru. Tentunya akan bermanfaat juga buat yang tinggal di sekitarnya seperti Kota Mega Regency, Telaga Pasir Raya, Mutiara Bekasi Jaya juga daerah Cibarusah.

Betapapun menariknya penawaran jasa bor, tetap saja kembali kepada moral tukang bor tersebut. Jadi, kadang kita tidak mau repot cek, atau juga sungkan untuk nanya-nanya. Sebaiknya kontrol proses pengeboran. Tanya berapa dalam yang dibor dan minta tunjukkan bagaimana mengukur kedalamannya. Kita memang maunya berbaik sangka, tetapi sebaiknya dijaga prasangka baik kita dengan cara membuktikannya. Supaya tidak menyesal dikemudian hari.  Janjinya dibor sampai 40 meter, ternyata hanya 27 meter. kesal kan jadinya.

Sebaiknya cermati janji tukang bor yang bilang mau dibor sampai tembus batu. Bagaimanapun, teknik bor masyarakat kita masih standar/tradisional, yaitu pipa besi yang bisa disambung-sambung. Ujungnya dari bahan baja yang kuat. Menggunakan diesel pompa air. Nah sistemnya masih tradisional yaitu dengan memutar pipa bor. Sehingga seberapa kuat tenaga kita untuk menjebol batu? Kalaulah lapisan batu tersebut hanyalah 20 centimeter, memang bisa ditembus. Tetapi bila tebalnya mencapai 1 meter lebih, berapa hari buat menjebolnya?

Jadi kerap kali konsumen mengeluh bahwa pengeboran tidak sesuai yang dijanjikan. Atau bila tukangnya jujur, dia akan bilang bahwa sudah mentok, tidak bisa dibor lagi. Tetapi perjanjian sudah terlanjur disepakati sehingga konsumen tentunya tidak bisa membatalkannya. Tetap membayar sesuai perjanjian.

Sebagai gambaran, bahwa lapisan batu di perumahan KSB bervariasi kedalamannya. Di blok C 34, C38, fasos C38 dan sekitarnya, lapisan batu berada di kedalaman 25 – 27 meter. Dan kebanyakan keluhan yang timbul adalah bahwa ternyata cuma dibor sampai 27 meter. Yah, bila sudah mentok batu, pakai apa lagi?

2 Tanggapan to “Cermat pilih bor”

  1. yanto said

    mmmm trus gimana solusinya ya ? ngebor susah ???? PAm belum masuk ???😦

  2. RD Sinaga said

    Salam Kenal
    Saya adalah warga baru KSB ,persisnya bulan Jan 2011
    kami tinggal i blok E49.

    Tulisan ini sangat membantu kami untuk memproleh info info tentang lingkungan dan situasi di wilayah KSB.

    dengan ini juga saya minta infonya ke rekan2 warga KSB tentang pengeboran dan situasi lapisan tanah di KSB khusus nya di Blok E 49

    Thanks

    Naga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: